Kuliah Tamu : 4 Fungsi Bisnis Perusahaan Manufaktur
Pemateri : Dr. David Sukardu Kodrat MM, CPM
Perusahaan manufaktur adalah suatu perusahaan yang aktivitasnya
mengelola bahan mentah atu bahan baku sehingga menjadi barang barang jadi lalu
menjualnya kepada konsumen. Umumnya kegiatan ini sering dikatankan
dengan proses produksi.
Perusahaan manufaktur dalam setiap
pekerjaannya atau kegiatannya oprasional yang dilakukan tentu memilki acuan dan
standar dasar yang digunakan oleh para karyawan yang bekerja, biasanya acuan
standar tersebut disebut SOP (Standar Operasional Prosedur).
Pada kuliah tamu kali ini, Bpk David
menjelsakan tentang 4 fungsi bisnis dalam perusahaan manufaktur yaitu Marketing,
HDR, Finance, Produksi. Beliau memberikan contoh analogi dengan studi kasus,
yaitu studi kasunya tentang perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang furniture
meubel yaitu Olympic.
Dari studi kasus tersebut dapat
disimpulkan bahwa kunci manajemen dara Olympic menurut 4 fungsi bisnis adalah.
A. Marketing
· Peka terhadap masalah konsumen.
· Memperkuat pasar local
· Melakukan penetrasi kepedesaan dengan mengembangkan Funimart (
Retail Furniture )
B. Produksi
· Melkukan ivovsai produk.
· Mengeluarkan produk – produk dengan desain yang baru.
· Efisiensi proses produksi
C. HDR
· Merekrut tenaga ahli dan terampil.
· Melakukan pengembangan SDM ( Sumber Daya Manusia )
D. Finance
· Pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip GCG
Jika kita ingin terjun kedalam dunia bisnis manufaktur yang
butuhkan dalah soft skill 80% dan sisanya adalah hardskill. Softskill yang di
maksud disisni adalah kemampuan berkomunikasi, serta bekerja sama dengan orang
lain. Itu didapatkan dengan cara berorganisaisi pada saat kuliah/sekoklah. Jadi kesimpulannya adalah kita harus
mengembangkan softskill terutama kemampuan berkomunikasi dengan orang lain,
selama kita masih kuliah/sekolah, kerena itu sangat penting di dunia kerja
nantinya.
Sekian resume dari saya, ada kurang lebihnya mohon maaf.
Terima kasih….
mantaf jiwa
ReplyDelete